tips mencegah penyebaran virus dari flashdisk

Sering kali kita sudah merasa berhati-hati dalam mencegah datangnya virus di komputer kesayangan kita melalui flashdisk. Tetapi berulang kali virus berhasil menjangkiti komputer kita dan mengacak-acak sistem. Kalau kita hanya mengandalkan anti virus saja, hal ini belum sepenuhnya mengatasi masalah. Karena sekarang banyak beredar virus yang penyebarannya melalui flashdisk menggunakan script autorun. Jadi hanya dengan menancapkannya ke port usb, virus langsung aktif dan mulai menjangkiti komputer. Lalu bagaimana cara mengatasinya?? Pada tulisan kali ini, saya akan membagi sedikit tips-tips yang mungkin bisa membantu kita mencegah datangnya virus dari flashdisk.

 

Berikut beberapa tips-tips yang bisa kita lakukan :

 

1. Matikan fungsi autoplay pada komputer. Pada beberapa kasus fungsi ini dibutuhkan, tetapi inilah salah satu kelemahan Windows yang dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk menyebarkan virus yang mereka buat. Dengan menyertakan script tertentu yang berisi perintah untuk menjalankan file virus yang berada pada satu folder dengan file virus tersebut, maka komputer langsung membaca script tersebut dan menjalankannya. Biasanya file autorun yang berisi perintah menjalankan virus pada flashdisk tersebut bernama “autorun.inf”. Berikut adalah cara mematikan fungsi autoplay pada komputer Windows :

 

a. Masuk ke Run (Start > Run), ketikkan perintah gpedit.msc. Kemudian klik OK.

 

Tampilkan Gambar ▼

 

b. Maka akan terbuka jendela Group Policy. Masuk pada Computer Configuration > Administrative Templates > System. Cari Turn off Autoplay ada jendela bagian kanan, kemudian klik dua kali.

 

Tampilkan Gambar ▼

 

c. Muncul jendela Turn off Autoplay Properties. Pada tab Setting pilih Enable dan ubah Turn off Autoplay on: All Drives. Kemudian klik OK!

 

Tampilkan Gambar ▼

 

d. Lakukan hal yang sama pada User Configuration > Administrative Templates > System. Kemudian restart komputer untuk menerapkan efek perubahan tersebut.

 

2. Jangan meng-klik langsung pada drive flashdisk. Tips berikutnya yaitu, biasakan langsung lakukan scanning flashdisk dengan cara klik kanan pada drive flashdisk kamu kemudian pilih Scan with AVG Free (bila kita menggunakan anti virus AVG). Hal ini untuk mencegah kita secara tidak sengaja menjalankan script autorun, karena apabila kita langsung meng-klik pada drive flashdisk kemungkinan script autorun dijalankan sangat mungkin terjadi dan komputer akan terjangkit virus tersebut.

 

Tampilkan Gambar ▼

 

3. Gunakan anti virus lokal. Dengan menggunakan anti virus lokal, maka kita bisa mencegah virus yang dibuat oleh pembuat virus dari dalam negeri. Hal ini untuk mengatasi virus lokal yang terkadang tidak bisa terdeteksi oleh anti virus buatan luar negeri. Kita bisa menggunakan PCMAV, ANSAV, SmadAV dan lain-lain.

 

4. Selalu update database anti virus. Setiap saat perkembangan virus selalu berkembang dan selalu ada virus baru yang dibuat oleh pembuat virus. Untuk mencegahnya kita harus selalu meng-update anti virus minimal 1 minggu sekali sudah cukup.

Demikian beberapa tips dari saya, semoga bisa membantu mencegah terjangkitnya komputer kita oleh virus dari flashdisk. Memang tidak 100% bisa mencegah datangnya virus, tetapi bisa meminimalisasi kemungkinan tersebut.

 

Iklan

Tentang suherlinalatif

seseorang yg murah senyum,ramah dan suka akan petualangan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s